Kredit KTA Mudah Dengan Bunga Rendah

Admin melakukan survey ke Bank-Bank yang menjanjikan pinjaman tanpa agunan. Menemukan Bank mana yang menjanjikan bunga KTA cukup rendah di tahun 2016. Tapi, sewaktu menjalankan survei ini, kalian juga mendapatkan hal penting. Rupanya, biaya KTA tak kalah penting dengan bunganya. Lantaran itu, admin putuskan tuk tak hanya melihat bunganya saja, tapi juga biaya-biaya yang berkaitan dengan pinjaman.

Bunga KTA itu Tricky

Pengertian bunga KTA sedikit tricky. Kita kerap mendengar iklan bunga terjangkau 0.99% dari peminjaman KTA. Apa benar bunganya seitu? Bunga itu dihitung memakai bunga flat. Maksudnya, cicilan bunga dibebankan rata dalam tenor tanpa melihat berapakah saldo pokok pinjaman.

Misalnya, admin meminjam 10 juta. Lalu bunga tiap bulan ialah 0.99% kali 10 juta. Sedangkan, tiap bulan pokok peminjaman sebetulnya sudah menurun, bukan lagi 10 juta, sebab pembayaran cicilan. Yang kian fair dan akurat ialah perhitungan bunga efektif. Maksudnya, bunga dihitung menurut sisa pokok peminjaman.

Jadi, ketika nanti membandingkan, admin memakai bunga efektif. Admin mengkonversi bunga angka 0.99% menuju bunga efektif. Kalian bisa mencoba mengerjakan konversi ini di Excel. Pakai rumus PMT maupun RATE kemudian cari dengan kegunaan Goal Seek.

Terlihat variasi bunga cukup lebar

Itu berarti penting untuk calon peminjam memperbandingkan. Admin bakal membantu kalian mendapatkan bunga yang terjangkau. Di artikel ini, kalian bisa juga melihat jika bunga KTA itu tak murah. Tulis perbandingan, bunga deposit yang kita peroleh dari bank sekedar 6% setahun. Bunga peminjaman KPR 9% setahun (fix) serta 13.5% (floating).

Jadi, pikirkan secara matang saat mau mengambil KTA. Disamping itu, rupanya, selain bunga, hitungan terkait peminjaman KTA pun tak kecil. Ada tidak sedikit komponen biaya yang musti ditanggung oleh setiap peminjam.

Biaya

Ada beberapa biaya terkait pinjaman, yakni:

Ketentuan-Biaya ini dibiayai dengan potong jumlah pinjaman yang cair. Seperti, provisi (ketentuan) Rp 150.000, lalu pinjaman 10 juta bakal menjadi 9.85 jt saja.

Terlambat-Bila terlambat bayar dari waktu jatuh tempo, bank memberlakukan denda. Dendanya dapat persentase maupun jumlah tertentu.

Pelunasan Dipercepat-Mau bayar lebih cepat bakal kena denda sebab bank kehilangan peluang pembayaran bunga.

Transfer-Beban dana transfer pencairan pinjaman akan dibebankan kepada peminjam.

Administrasi-Ada tarif administrasi yang dibebankan dimuka dengan potong jumlah pencairan.

Dari survei, admin melihat jika bank kerapkali menekan bunga tetapi meningkatkan biaya–biaya ini. Dampaknya, beban ke peminjam selalu tinggi, walaupun bunganya terlihat murah. Jadi, sebelum cepat memilih, kalian wajib menilai belum hanya bunga tapi juga retribusi pinjaman KTA.

Leave a Reply

Your email address will not be published.