Jasa Penerjemah

Menelusuri Lebih Jauh Penerjemah Tersumpah

Saat ini sudah sangat banyak lembaga perseorangan atau firma yang menyediakan jasa penerjemah tersumpah. Jika kita ketik di browser dengan kata kunci jasa penerjemah pasti akan muncul kata kuci kedua atau sub-keywords dengan tambahan tersumpah atau tepatnya seperti ini, jasa penerjemah tersumpah. Mungkin beberapa diantara orang-orang disekeliling anda dan admin ini ada yang asing mendengar jasa penerjemah tersumpah dan tidak terlalu paham mengenai ini. Karena itu akan admin sharing tentang Jasa Penerjemah Tersumpah di ulasan kali ini.

Pengertian Jasa Penerjemah Tersumpah

Jasa PenerjemahSecara umum, pengertian atau definisi tentang penerjemah tersumpah yaitu penerjemah yang sudah lolos kualifikasi secara UKP atau Ujian Kualifikasi Penerjemahan dan dipetik sumpahnya oleh Gubernur maupun Penjabat yang ditunjuk. Ujian kualifikasi penerjemah tadi digelar oleh Fakultas Ilmu Budaya dari Universitas Indonesia biasa disingkat FIB UI dengan syarat nilai kelulusan ialah “A” (paling minim 80 point) dan wajib ada KTP Jakarta. Materi yang mereka uji adalah terjemahan yang menyangkut terhadap satu bidang yaitu hukum. Hingga yang mengambil sumpah setiap penerjemah tersumpah yaitu Gubernur DKI Jakarta.

Selain mendapatkan syarat kelulusan dari Gubernur DKI Jakarta dan telah diambil sumpahnya oleh pejabat setempat, para penerjemah pun harus melakukan validitas kepada kedutaan besar Indonesia. Hal inilah yang membedakan antara jasa penerjemah tersumpah dan jasa penerjemah biasa terhadap nilai harga pernyewaanya, juga mengenai resiko yang ditanggung.

Umumnya, para jasa penerjemah tersumpah atau istilah kerennya sworn translater, akan menerjemahkan dokumen atau arsip-arsip penting yang mau dikeluarkan ke luar negeri, atau yang sudah berada di luar negeri. Mereka akan menerjemahkan dokumen negara namun miliki personal seperti ijazah, kartu keluarga (KK), akte kelahiran dari setiap orang, surat-surat nikah, dan lain sebagainya yang masih berhubungan dengan personal.

Selain dokumen negara yang dimiliki persona, para penerjemah personal pun bisa menerjemahkan dokumen dan arsip-arsip dari perushaan atau pebisnis, seperti kontrak kerja, perjanjian jual beli terhadap sesama mitra bisnis, dan lain-lainnya yang masih berhubungan dengan hal bisnis dari parusahaan.

Untuk harga dari jasa penerjemah tersumpah memang cukup mahal, sebab mereka semua akan menanggung resiko terhadap semua dokumen dan arsip serta rahasia tentang perusahaan dan urusan personal. Namun bagaimana dengan jasa penerjemah biasa yang tak diambil sumpahnya oleh Gubernur DKI Jakarta? Tidak ada bedanya sebenarnya untuk harga.

Namun dari kedua ini yang membedakan adalah hanya kualitas dan cara kerjanya saja. Namun jika anda memilih untuk menyewa pada jasa penerjemah tersumpah dijamin akan mendapat kepuasan dalam mendapatkan privasi terhadap dokumen dan arsip pribadi parusahaan ataupun personal. Tapi jika kebutuhan anda hanya menerjemahkan dalam hal biasa saja bisa menyewa dari jasa penerjemah biasa saja.